8 WN India yang Dihukum Mati Qatar, Dituding Jadi Mata-mata Israel

Orang-orang tersebut, mantan perwira Angkatan Laut India, telah ditahan sejak Agustus 2022 dan diberikan akses konsuler pada awal Oktober.#newsupdate #update #news #text

8 WN India yang Dihukum Mati Qatar, Dituding Jadi Mata-mata Israel
Ilustrasi mengajukan gugatan hukum. Foto: Proxima Studio/Shutterstock
Ilustrasi mengajukan gugatan hukum. Foto: Proxima Studio/Shutterstock

Kementerian Luar Negeri India mengaku terkejut dengan putusan pengadilan Qatar yang menjatuhi hukuman mati terhadap 8 warga negaranya.

Dilansir Al arabiyah News, kedelapan WN India itu bekerja di perusahaan keamanan Dahra – sebuah perusahaan swasta yang memberikan pelatihan kepada Angkatan Laut Emiri Qatar.

Orang-orang tersebut, mantan perwira Angkatan Laut India, telah ditahan sejak Agustus 2022 dan diberikan akses konsuler pada awal Oktober.

“Kami sangat terkejut dengan putusan hukuman mati dan menunggu keputusan rincinya. Kami menghubungi anggota keluarga dan tim hukum, dan kami sedang menjajaki semua opsi hukum,” kata kementerian India.

“Kami sangat mementingkan kasus ini dan telah memantaunya dengan cermat. Kami akan terus memperluas semua bantuan konsuler dan hukum. Kami juga akan mengambil keputusan tersebut bersama pihak berwenang Qatar," lanjut pemerintah India.

Meskipun tuduhan resmi belum dipublikasikan, media Qatar dan India secara luas melaporkan bahwa delapan mantan prajurit tersebut ditangkap karena menjadi mata-mata Israel.

Sejak tahun lalu, pihak berwenang India berulang kali menolak mengomentari tuduhan yang dilayangkan terhadap para pria tersebut.

“Karena proses persidangan kasus ini bersifat rahasia, maka tidak pantas untuk memberikan komentar lebih lanjut pada saat ini,” kata Kementerian Luar Negeri.

Qatar belum merilis informasi publik mengenai penangkapan dan hukuman tersebut.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow